8 Tips Mudah Cara Promosi Produk Melalui Watsapp


REMADIKA.Com - Sekarang bisnis online merupakan suatu bisnis yang sangat digelumuti dan berkembang pesat sekarang di dunia internet. Berbagai macam cara ditempuh oleh pelaku bisnis online untuk dapat menjual produk-produk yang mereka jual guna untuk mendapat Customer yang banyak, sehingga produk-produk mereka dapat terjual banyak dan meraih keutungan yang sebanyak-banyak nya.
Cara pelaku bisnis online ditempuh berbagai macam jalan mulai dari pasang produk di google, facebook, Website, Instagram dan juga Watsapp. Watsapp merupakan salah satu aplikasi android yang banyak sekali digunakan oleh pelaku bisnis online dan Watsapp merupakan aplikasi yang sangat populer dalam dunia bisnis online.
Pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan 8 Tips Mudah Cara Promosi Produk Melalui Watsapp agar produk-produk anda terjual dengan laris. Mari kita ikuti Tips-tips nya dibawah ini :

1. Perbanyak Kontak Watsapp anda
Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini :
Berkenalan dengan orang baru di jalan lalu izin untuk menyimpan kontaknya (bisa saat bertemu di masjid, pasar, taman, gym, nobar, kondangan, car free day, dsb)
Mengikuti pertemuan komunitas (seperti arisan, pengajian, komite sekolah anak, fans bola, club motor, komunitas travelling, reuni sekolah, dsb) kemudian simpan nomor anggotanya.

Pastikan setiap menyimpan nomor kontak baru, orang tersebut juga menyimpan kontak Anda. Karena ketika orang tersebut juga menyimpan kontak Anda, maka saat Anda membuat status di whatsapp, orang tersebut bisa melihat status Anda, dan produk yang Anda jual berpotensi dilihat lebih banyak orang, lebih banyak orang yang tertarik dengan produk Anda, makin banyak calon pelanggan yang akan membeli produk Anda.
Baca JugaDaftar Template Blogger Terbaik dan Terbaru 2019
2. Lakukan secara rutin ganti Photo profil
Anda bisa memulai promosi di whatsapp dengan langkah sederhana yaitu dengan mengganti foto profil dengan foto produk yang ingin dipromosikan. Update selalu foto profil Anda dengan produk-produk terbaru atau produk yang sedang dijual saat itu.

3. Manfaatkan Kolom Tentang di Watsapp
Pada profil whatsapp kita ada kolom about/ tentang yang bisa Anda pergunakan untuk menuliskan info penting yang berhubungan dengan toko atau jualan Anda.

4. Promosi produk Anda melalui Whatsapp Status Anda
Apa saja ya yang bisa Anda upload menjadi status di whatsapp?
  • Cerita Keseharian Menggunakan Produk Anda adalah ambassador terbaik dari produk yang Anda jual. jadi, sebisa mungkin perlihatkan kepada target konsumen bahwa produk yang Anda jual memang berkualitas sehingga Anda sendiri pun menggunakannya dalam keseharian.
  • Cerita Inspirasi Rutinitas harian terkadang membuat seseorang menjadi kehilangan inspirasi. Nah, Anda bisa membagikan cerita yang menginspirasi orang lain di whatsapp status Anda. Jika cerita tersebut bermanfaat untuk orang lain, maka mereka akan cenderung untuk menyimak status-status Anda yang berikutnya.
  • Update Seputar Jualan Ini agar orang lain tau bahwa Anda memang sedang berjualan, dan agar orang terus terpapar informasi mengenai produk Anda. Ini dapat membuat Anda dinilai sebagai pedagang yang meyakinkan (trusted seller). Updatenya bisa berupa foto packing barang, foto stok, atau foto percakapan testimoni.
  • Tips Bermanfaat Untuk status di whatsapp tidak melulu harus berisi jualan, bisa juga berbagi mengenai tips yang bermanfaat. Tipsnya bisa seputar parenting, dapur, hobi, atau cara berjualan.
  • Perkenalkan Bisnis Anda juga bisa menjadikan ini sebagai konten di status WA. tujuan nya agar calon pembeli paham bisnis apa yang sedang Anda jalankan dan ketika mereka memiliki nilai yang sama atau tertarik dengan bisnis Anda, maka calon pembeli akan lebih mudah berbelanja di toko Anda.
5. Promosi produk Anda di Story Whatsapp
Anda punya banyak grup di Whatsapp? Nah, kesempatan bagus untuk mempromosikan jualan Anda. Langkahnya memang sederhana. Namun pastikan Anda memilih grup yang tepat untuk menawarkan produk yang dijual. Anda harus bisa mengenali terlebih dahulu produk yang sedang diual, lalu mengenali siapa orang yang kemungkinan tertarik untuk membeli produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual permen Anda akan terpikirkan anak-anak, kalau menjual pupuk pasti akan terpikirkan para petani, kalau menjual kosmetik akan terpikirkan perempuan. Dan seterusnya

6. Promosi produk Anda di Group Whatsapp
Setelah Anda mencoba promosi ke grup yang ada di whatsapp, ini saatnya Anda membuat grup bisnis sendiri. grup ini akan Anda jadikan kolam bisnis, dimana kita bisa mempromosikan jualan sekaligus berinteraksi dengan penghuni di grup. Bagaimana langkahnya?
  • Buat Grup
  • Ajak kerabat/teman/sahabat terdekat untuk join grup tersebut : Ajak kerabat/ teman terdekat Anda untuk gabung grup ini dan ajak mereka untuk bantu meramaikan suasana grup. Biasanya mengajak teman terdekat akan lebih mudah dan Anda juga bisa membantu mereka menjalankan grup bisnis semacam ini.
  • Minta tolong kerabat/teman promosikan orang lain untuk join grup
  • Promosikan grup di Sosial Media Anda
Anda bisa ajak lebih banyak orang untuk bergabung ke dalam grup melalui sosial media seperti whatsapp, IG dan FB. Posting link grup di status whatsapp Anda letakkan link grup di bio profil instagram Anda posting link grup di status facebook Anda bahkan membagikan link di status WA sangat mudah.
Baca Juga : Tips Mengatasi Error Breadcrumbs pada Google Search Console
7. Promosi produk Anda di Personal Chat WhatsApp
Promosi melalui personal chat artinya kita secara langsung menawarkan kepada orang yang kita kenal melalui chat pribadi. Tapi, ini dilakukan saat perlu saja. Jangan sampai juga kita menghubungi seseorang hanya karena ingin jualan. Sedangkan sebelumnya kita tidak pernah bertanya kabar.
Berikut Tips yang bisa dilakukan dalam promosi melalui personal chat :
  • Utamakan kontak yang kita kenal terlebih dahulu
  • Gunakan salam dan sapa
  • Kirim pesan di jam-jam santai, seperti di jam makan siang atau sore hari
  • Gunakan gimmick untuk menarik perhatian. Gimmick bisa dalam bentuk diskon, paket, promo, gratis ongkir, atau launching produk terbaru
  • Jangan lakukan personal chat jualan terlalu sering karena hal ini juga bisa mengganggu, lakukan jika ada momen seperti di nomor 4 atau jika tidak ada momen seperti itu, beri jeda antar chat satu dengan lainnya.
  • Anda juga bisa melakukan personal chat ke nomor asing yang pernah Anda simpan sebelumnya. Tapi dengan catatan harus sudah kenal dulu ya..
  • Teknik personal chat ini bisa lebih tinggi closing nya, apalagi jika Anda membina hubungan baik dengan calon pembeli.
8. Broadcasting List
Broadcast list merupakan sekumpulan kontak yang bisa kita kirimi pesan sekaligus. Jadi, untuk mengirim pesan ke banyak kontak tidak perlu kirim ke satu persatu kontak. Namun, perlu diingat bahwa yang bisa menerima pesan broadcast hanyalah kontak yang juga sudah menyimpan nomor kita.

Demikian 8 Tips Cara Promosi Produk Melalui Watsapp mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa Subcribe untuk mendapat artikel-artikel bermanfaat lainnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url