Cara Input Laporan Penyerapan Dana Desa di Aplikasi OM Span

Kepala desa atau sebutan lain selaku Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Desa (PPKPD) wajib menyampaikan laporan realisasi penyerapan Dana Desa dan capaian Output setiap tahap kepada Bupati/Walikota. Laporan realisasi penyerapan dana desa dan capaian output itu terdiri dari :

  • Laporan realisasi penyerapan dan capaian output dana desa tahun sebelumnya, dan
  • Laporan realisasi penyerapan dan capaian output dana desa tahap 1
  • Laporan realisasi penyerapan dan capaian output dana desa tahap 2
Laporan realisasi penyerapan dan capaian output Dana Desa tahun anggaran sebelumnya disampaikan paling lambat tanggal 7 Januari tahun anggaran berjalan. Sedangkan, laporan realisasi penyerapan dan capaian output Dana Desa tahap I disampaikan paling lambat tanggal 7 Juli tahun anggaran berjalan. Dalam hal terdapat pemutakhiran capaian output setelah batas waktu penyampaian laporan, kepala desa dapat menyampaikannya kepada Bupati/walikota untuk selanjutnya dilakukan pemutakhiran data pada aplikasi software.

Berdasarkan hal tersebut dan permintaan para kawan-kawan, maka admin menulis tutorial Cara Input Laporan  Penyerapan Dana Desa di Aplikasi OM Span. Adapun cara penginputan laporan penyerapan dan capaian output dana desa adalah sebagai berikut :
1. Buka situs Online Monitoring SPAN, maka akan tampil halaman utamanya seperti pada gambar dibawah ini

2. Masukkan Nama Pengguna masing-masing dan Kata Sandi (untuk nama pengguna dan kata sandi, dapat anda minta pada tim di kecamatan/distrik masing-masing), lalu pilih Tahun Anggaran yang akan Anda input (saat pemilihan tahun anggaran itu, harus anda sesuaikan yang dianjutkan oleh tim kecamatan), lalu Masuk.

3. Setalah itu, maka anda akan dibawa ke halaman utama Aplikasi Online Monitoring SPAN, Lalu anda Klik Menu >> Input >> Input Penyerapan Dana Desa yang ada pada pojok atas kanan yang bertand garis-garis. Untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar

4. Pilih Kode Kecamatan Anda lalu Pilih Kode Desa masing-masing lalu klik KIRIM
5. Lalu Anda akan dibawa ke halaman, di mana halaman tersebut anda bisa menambah, mengubah, menghapus. Namun ditahap awal penginputan, halaman tersebut belum terisi data-data. Untuk menambah data tersebut Anda klik menu TAMBAH yang ada di pojok kanan atas.
6. Setelah itu anda bisa menambahkan data-data tersebut mulai tanggal laporan desa, kegiatan, uraian output dan sesuai dengan realisasi yang sudah anda buat sebelumnya, atau anda bisa memintanya pada bendahara desa untuk anda input kedalam aplikasi OM Span. Setelah semua terinput lalu Anda klik KIRIM. Ulangi langkah no.6 ini hingga semua penyerapan dana desa terinput ke dalam aplikasi.

7. Apabila semua sudah Anda input, Anda bisa melihatnya hasilnya dengan cara. Klik Menu Garis-garis pojok paling kiri atas. lalu klik Laporan Dana Desa, lalu klik Laporan Konsolidasi Realisasi Penyerapan Dana Desa Perdesa. Maka akan tampil seperti ini. Pilih Tahap lalu Kode Desa lalu KIRIM
8.  Ini merupakan halaman hasil dari apa yang anda input pada langkah 6. Perhatikan tanda centrang merah, angka saldo harus sesuai dengan realisasi anda.


Sekilah Tutorial Cara Input Laporan  Penyerapan Dana Desa di Aplikasi OM Span ini, semoga bermanfaat. Apabila anda kendala dan pertanyaan tentang cara penginputan om span. silahkan komentar di form komentar.


Next Post Previous Post
1 Comments
  • michelle
    michelle August 10, 2019 at 2:51 PM

    ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

Add Comment
comment url